Keutamaan Serta Amalan Untuk Mendapat Malam Lailatul Qadar

Saturday, July 27, 2013 0 comments
Alhamdulillah di kesempatan pagi ini saya bisa berbagi lagi sesuatu yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita semua Amin, dan ini adalah lanjutan dari pada artikel tentang ciri - ciri malam lailatul qadar. Dalam ciri - ciri malam lailatul qadar tersebut adalah menyimpulkan bahwa pada saat itulah terjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan namun itu semua hanyalah kuasa Allah maka manusia pasti terkadang masih salah dalam prediksi meskipun berdasarkan ciri - ciri yang ada jika Allah belum menghendaki malam terjadi pada saat itu maka tidak terjadilah namun jika Allah menghendaki terjadi malam lailatul qadar maka terjadilah, Walloh hu Aklam.

Dan disini ada beberapa juga keutamaan yang terdapat pada malam lailatul qadar semoga dengan beberapa point ini kita tambah semangat untuk beribdah di bulan Ramadhan yang masih terhitung kurang dari 19 hari ini tgl 26 Juli 2013. Dan semoga kita bisa mendapatkan malam terbaik dari seribu bulan tersebut Insyaallah jika Allah menghendaki kita dapat pasti kita akan dapat tetap yakin dan berusaha selalu meminta ampunan kepadaNya.

1. Satu malam lebih utama dari pada seribu bulan
Allah swt berfirman : "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."(QS. Al-Qadr)
2. Malam diturunkannya Al-Quran
Ibnu Abas berkata : " Bahwa Allah swt, telah menurunkan Al-Quran keseluruhannya (secara total) dari Lauhul Mahfudz ke Baitul 'Izzah di langit dunia, kemudian diturunkan secara terpisah dan bertahap selama 23 tahun kepada Nabi saw."
3. Malam turunnya malaikat ke bumi
Allah swt berfirman : "Pada malam itu turun malaikat - malaikat dan ruh (malaikat Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (QS. Al-Qadr:4)
Sebagian alhi tafsir berpendapat : "Yang dimaksud Ruh adalah malaikat yang hanya nampak pada malam lailatul qadr."
4. Malam penuh kesejahteraan dan keselamatan
Allah swt berfirman : "Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar".(QS. Al-Qadr) di dalam itu setan tidak mampu membuat kerusuhan, sehingga dipenuhi kebaikan sampai terbitnya fajar.
5. Malam pengampunan.
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadr atas dasar iman serta semata - mata mencari keridlaan Allah. maka Allah akan mengampuni dosa - dosa yang pernah dilakukannya." (HR. Bukhari, Muslim dan Al Baihaqi) dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda : "Lailatul Qadr terjadi pada sepuluh malam terakhir, barang siapa bangun di malam - malam itu (untuk beribadah) dengan mencari pahalanya, Allah akan mengampuni dosanya yang terdahulu dan yang akan datang, ia terjadi pada malam ganjil..."(HR Rahmad)
6. Malam di tentukannua taqdir sanawi (taqdir untuk setahun atau taqdir tahunan).
Allah berfirman : "Pada malam itu dianjurkan untuk memperbanyak doa kebaikan pada malam itu, karena tidak ada yang bisa memperbaiki tadri kecuali doa.

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Blog Utama