Keutamaan Khusyu dalam hal hal sholat

Sunday, July 28, 2013 0 comments
Keutamaan Khusyu dalam hal hal sholat - Dalam ajaran agama Islam pasti tentunya ibadah sholat adalah yang paling utama dan ibadah sholat tersebut adalah tiang agama Islam agar kita menjadi orang yang teruji kuat dalam imam maka kita haruslah bisa khusyu dalam melaksanakan ibadah wajib 5 waktu yakni : subuh, duhur, ashar, maghrib, isya'. Mengapa dalam melaksanaka sholat kita harus dapat khusyu itu karena pada waktu sholat kita sedang menghadap Tuhan kita, kita sedang berkomunikasi dengan Allah swt. Maka agar kita dapat berkonsentrasi penuh harus bisa mengkhusyukan sholat kita tentunya dengan melupakan sekejap urusan dunia untuk menghadap kepada Allah swt dan itu juga tidak kurang dari 15 menit saja, dan dalam satu hari hanya dibutuhkan 75 menit untuk kita mengumpulkan bekal kita ke sorga, Allah huma Amin dengan cara khusyu dalam melaksanakan ibadah sholat.

Allah swt berfirman : "..Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu." (QS. Al-Baqarah:238) dan Rasulullah bersabda : " Yang pertama akan hilang dari umatku adalah khusyu'. hingga kalian tidak lagi melihat orang khusyu'."(HR. Thabrani). Ibnu Katsir berkata : "Khusyu' adalah tenang, tidak bergerak, penuh tawadlu' karena takut kepada Allah dan merasa diawasi oleh Allah, seakan berdiri di hadapan Allah dengan penuih penghormatan, pengabdian."

Keutamaan khusyu' dalam sholat

1. Tergolong orang yang beruntung
Allah swt berfirman : "Sesungguhnya beruntunglah orang - orang yang beriman, (yaitu) orang - orang yang khusyu' dalam sholatnya."(QS. Al-Mu'minun:1 dan 2)
2. Mendapatkan pengampunan dari Allah
Rasulullah saw bersabda : "Lima sholat yang diwjibkan oleh Allah, barang siapa memperbaiki wudlunya dan melaksanakan sholat pada waktunya, menyempurnakan rukuk dan kekhusyu'annya, maka mendapatkan janji Allah untuk mengampuninya. Barang siapa tidak melakukan itu, kalau Allah berkehendak, maka akan mengampuni atau menyiksanya." (HR. Abu Dawud)
3. Menjadi sebab masuk surga
Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa berwudlu dan memperbaiki wudlunya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan hati yang dan wajah yang khusyu', maka wajib baginya surga." (HR. Bukhari)
4. Menjadi penghapus dosa
Dari Utsma ra, Rasulullah saw bersabda : "Tidaklah seorang muslim mendapati waktu shalat wajib, lalu membaguskan wudlu, kekhusyu'an dan ruku'nya, melainkan shalat itu menjadi kafarah (penghapus) bagi dosa yang telah lalu, selama tidak melakukan dosa besar dan itu berlaku sepanjang masa." (HR. Muslim)
5. Do'anya terkabul 
Allah swt berfirman : "Maka kami memperkenankan doanya dan kami anugerahkan kepadanya, yahya dan kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang - orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan - perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap cemas dan mereka adalah orang - orang yang khusyu' kepada kami."(Al-Anbiya':90).

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Blog Utama